Sabtu, 31 Januari 2015

JOC-LAWSON Project: Buang Sendiri, Keren!!

Di bulan Januari ini JOC bekerjasama dengan LAWSON sebuah perusahaan minimarket berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal membuang sampah sendiri ke tempatnya.

Kesadaran masyarakat yang masih minim untuk membuang bungkus makanan sehabis berbelanja ke tempatnya membuat toko minimarket tersebut menjadi kotor sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pengunjung yang datang setelahnya.

Pemilik LAWSON kemudian mengajak JOC untuk melakukan trial kampanye bersama dengan memasang stiker bertuliskan logo "Buang Sendiri, Keren !!" di setiap sudut tempat makan yang ada dalam minimarket tersebut.

Selama 2 minggu dari tanggal 12 - 25 Januari 2015 agen JOC menyerbarkan angket untuk melihat animo masyarakat khususnya anak muda yang menjadi pelanggan LAWSON akan pengaruh dari kampanye JOC tersebut.   

Hasilnya terkumpul lebih dari 1000 angket yang intinya masyarakat khususnya anak muda suka dengan tempat makan yang bersih, namun sebagian besar masih mengandalkan karyawan LAWSON yang membersihkan sampah mereka.

 
Agen JOC yang sedang bertugas

Dari hasil ini JOC dan LAWSON harus memikirkan langkah selanjutnya bagaimana agar slogan "Buang Sendiri, Keren !!" bisa menjadi trend di kalangan anak muda dan membuang sampah sendiri ke tempatnya menjadi suatu kebanggaan yang bisa membuat mereka merasa hal tersebut adalah hal yang keren bila dilakukan.

Usaha ini tentu tidaklah mudah dan perubahan tentu tidak akan terjadi hanya dengan kampanye selama 2 minggu saja. Dan selama 2 minggu ini pun banyak juga beberapa kejadian yang terjadi seperti stiker disobek anak kecil, stiker robek karena hujan, stiker terlalu kecil sehingga tertutup asbak rokok, berfoto dengan pengunjung dengan slogan JOC, pengunjung yang menolak dimintai mengisi angket, pengunjung yang sepi karena hujan dsb.

 
Tempat yang bersih harapan semua orang 

Namun, apapun kendalanya semangat JOC untuk menciptakan perubahan di masyarakat tidak pernah padam apalagi bila kampanye ini berhasil maka LAWSON akan terus melanjutkan kerjasama dengan JOC di seluruh toko mereka yang tentunya hal ini akan berpengaruh luas di masyarakat Jakarta, kota kita tercinta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar