Senin, 23 Juli 2012

Jakarta Japan Matsuri

Members Osouji Club YTC....

Pada tgl 29-Sep nanti, Jakarta Japan Matsuri (Festival Jepang/Seperti Ennicisai di BlokM) akan diselengarakan di Monas. 

Sehubungan dengan adanya festival, panitia festival megajak JOC bergabung untuk membersihkan area fstival di Monas..

Sebenarnya saya sebagai ketua JOC mengakui adanya hal-hal yang harus saya perhatikan setelah menghadapi Ennicisai kemarin karena kurang adanya persiapan menjelang event tersebut. Sehingga kegiatan yang kita lakukan disana kurang terorganisir, teratur dan efektif.

Oleh karena itu, saya pikir festival kali ini adalah kesempatan yang baik bagi JOC berpenampilan lebih baik lagi dan berprestasi sehingga dapat memperluas nama baiknya JOC kepada masyarakat luas baik masyarakat Jepang maupun Indonesia.
Karena festival ini disponsori oleh Kedutaan Jepang, segenap perusahaan Jepang ternama dan didukung oleh pemerintah daerah DKI.

Saya pernah ikut festaval ini sebagai anggota sukalerawan dari tim kebersihan pada 3 tahun lalu.
Tim kebersihan  ini dipimpin oleh seorang expert dari departmen linkungan dari Jepang. Expert ini berharap agar kegiatan 3R (Reduce, Recycle, Reuse) tersosialisasikan di Jakarta.                   
Festival Monas sebagai tempat dimana kegiatan 3R diperkenalkan sebagai percobaan.
Namun tidak berjalan lancar walaupun percobaan dilakukan sejak 3 tahun lalu.
Maka pihaknya dan saya sepakat percobaan atau usaha baiknya dilakukan tidak hanya diperuntukan festival ini tetapi diteruskan setelah fetival berakhir secara berkala, apabila kalian berkeinginan untuk ikut acara ini.
Saya berharap anggota Indonesia JOC-lah yang mengambil inisiatif untuk menjalankan kegaitan festival dan sesudah festival usai nantinya.

Minggu ini saya akan hadir rapat panitia festival Monas dan akan mendapat penjelasan lebih rinci.
Saya akan rekap dan sampaikan apa yang saya peroleh di rapat tersebut kepada members Indonesia nanti.
Maka dari itu, saya mengajak kalian semua untuk berpikir apa yang JOC bisa buat, lakukan, dan kontribusikan di festival tersebut.

Sekedar informasi, tim kebersihan akan diberi anggaran untuk keperluan kegiatan yang kita rencanakan oleh panitia festival..

Sekali lagi saya berharap tukar pendapat yang aktif tentang event ini melalui blog JOC ini.

Mari kirimkan ide anda segera!!


Dewa Osouji Dari Jepang
Tsuyoshi Ashida

 

7 komentar:

  1. budi cahyono24 Juli 2012 08.11

    Randu komandan..siap dukung..........

    BalasHapus
  2. Kira kira apa yg kita bisa lakukan disitu?
    Ada ide ide yg menarik? kegiatan kita simple hanya pungut sampah namun disamping itu kalo ada kegiatan yg menarik seperti memperkenalkan kantung sampah yg terbuat dari kain tepung terigu kaya kemarin. Megadakan kuliah kepada anak anak sekolah tentang lingkungan, jual kaus Osouji Club yg ada logo kita untuk mencari dana dan dana tsb digunakan untuk kegiatan kita dll dll...
    Ayo saya harap pendapat anda anda sekalian yg aktif!

    Dewa Osouji Dari Jepang

    BalasHapus
  3. wah asyik bakal ada Japan Matsuri lagi di Monas...
    hemm...

    Kalau Ide dari Mas Budi adalah mengadakan lomba melukis utk anak2 dengan media kantung sampah JOC, menggunakan cat yang aman bagi anak2 adalah ide yang sangat bagus,, karena dapat mengajarkan kepada anak2 indnonesia utk lebih peduli dengan lingkungan mereka.


    dan kalau ide dari saya adalah dengan mengadakan lomba Gravity untuk tingkat anak2 SMU dan Umum yang menyukai kesenian Gravity dengan tema yang sama yaitu kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, dan media Gravitynya adalah Tempat Sampah/Tong Sampah. jadi tempat sampah bisa menjadi lebih menarik.. bukan sekedar tempat untuk membuang sampah tapi juga membawa pesan kepada masyarakat luas untuk membuang sampah pada tempatnya.

    BalasHapus
  4. idea 1.

    tolong pak Ashida..dapat megusahakan OSOJI club mendapat 1 stand yang isinya untu memerkan foto foto kegiatan osoji selama ini, dan sebagai media publikasi serta informasi dari osoji ke masyarakat jakarta.di stand selain pameran foto, juga dibuat diskusi tentang daur ulang sampah...dari proses sampai manfaat, kalau bisa juga memarkan produk daur ulang dari para pengrajin daur ulang.

    juga tampilkan brosur tentang daur ulang yang tentunya kertasnya dari daur ulang juga....

    stand kalau bisa di dekat pintu masuk..jadi yang datang bisa lihat langsung dan mungkin bisa ikut lomba ambil sampah..jadi semua orang yang datang saat masuk ke area japan festival membawa tas osoji.

    Idea 2
    bagaimana kalau kita buat lomba mengambil sampah di sekitar acara..yang di ikuti oleh siapa saja yang datang ke osoji...nanti sampahnya di timbang dan yang paling berat mendapatkan hadiah menarik dari osoji..or dari sponsor.....kaan ada sponsor japan company....nah hadia utama or siapa paling berat ambil sampah dapat motor honda yang di umumkan akhir japan festival.

    cara lomba

    1. peserta mendaftarkan diri ke stand osoji...
    2. peserta yang daftar mendapatkan tas osoji / tas plastik osoji
    3. peserta silahkan mengambil sampah di area japan festival sambil keliling melhat stand stand
    4. peserta bebas waktu mengembalikan tas osoji untuk di timbang.dan di data nama & tlp
    5. lambo ini sukarela jadi tdk dipaksakan yang ikut lomba.

    kira kira ini idea saya......mungkin ngobrol langsung enaknya....

    BalasHapus
  5. Jadi dengan lomba ambil sampah dan juaranya yang terberat atau terbanyak sampahnya. osoji juga memberikan pelajaran kepada warga jakarta yang datang ke japan festival akan buruknya buang sampah sembarangan, dan menyadarkan diri warga jakarta untuk tidak buang sampah sembarangan. ....

    BalasHapus
  6. Besok hari minggu kita diskusi tentang event apa yg kita bisa adakan buat Jakarta Japan Matsuri.
    Siapa yg bisa datang, harap datang di Hotel Centuri Atlet Senayan pada jam 10:00 pagi.

    DWO

    BalasHapus
  7. Sorry bukan hari minggu!!!Hari SABTU HARI INI!!!! JANGAN SALAH YA !!!!!

    BalasHapus