Kamis, 03 Juli 2014

Kabar Michiko San dari Jepang

Pada bulan april kemarin salah satu member JOC harus kembali ke Jepang. Sedih rasanya kita harus berpisah dengan salah seorang teman yaitu Sdri. Michiko Takemoto.

Michiko San
Perpisahan dengan Michiko San akhir April lalu
Kemudian beberapa minggu yang lalu Michiko-san menyapa kami di facebook memberikan kabar. Selain kabar, beliau juga mengabarkan mengenai kegiatan yang ia hadiri. Berikut kabar nya. (terima kasih kepada Ashida-san yang telah menerjemahkannya ke dalam bahasa ^^)
Kepada teman teman JOC, Apa kabar? Saya Michiko yg bulan kemarin kembali ke Jepang. Hari ini tgl 30 Mei adalah hari sampah 0(nol) di Jepang. Sampah dalam bahasa Jepang=Gomi. 5 dibaca Go, 3 dibaca Mi dan 0(nol) maka ditetapkan hari GOMI 0(zero). Karena itu, saya ikut kegiatan pemetikan sampah di sekitar stasiun Shinjuku dan Takadanobaba di Tokyo, yang mana dikuti pula oleh nenek-nenek, kakek-kakek, mahasiswa dll total kurang lebih 100 sukarelawan. Saya bersemangat sambil membawa kantong belanja plastik tapi ternyata sampah yang berserakan sedikit sekali dan hanya 1 per 10 dari kantong belanja plastik terisi oleh sampah yg saya petik. Saya berkesan bahwa memang Jepang bersih tapi saya lihat masih ada puntung rokok terbuang di sekitar got air juga permen karet dibuang begitu saja. Maka saya yakin di Jepang pun masih diperlukan kegiatan seperti ini. Komunitas yang saya ikut kali ini adalah kumpulan sukarelawan bernama Green bird (Non profit organization) memiliki anggotanya di puluhan kota di Jepang bahkan punya sekretariat di luar negeri seperti Ghana, Sri lanka. Singapore dan Paris http://www.greenbird.jp/index.php Jika nanti teman teman berkesempatan ke Jepang, alangkah baiknya dapat kolaborasi antara JOC dan Green bird. Demikian laporan dari saya. Saya senantiasa berdoa agar JOC dapat melanjutkan kegiatannya dengan baik.

Aktivis Green Bird di Jepang
Wah seru kan? Di Jepang saja yang begitu memperhatikan kebersihan tetap ada kegiatan pemetikan sampah seperti itu. Sehat selalu untuk Michiko San! dan semoga suatu saat JOC bisa berkolaborasi dengan mereka ke Jepang ya! Amin.

Salam Hangat,
Jakarta Osoji Club

Tidak ada komentar:

Posting Komentar