Minggu, 29 Juni 2014

Aksi JOC di Hari Ulang Tahun Jakarta

SELAMAT ULANG TAHUN JAKARTA! 
Kita terus menambahkan umur kepada kota ini, merayakannya setiap tahun tapi apa yang sudah kita perbuat untuk Jakarta tercinta?


Kegiatan rutin Jakarta Osoji Club (JOC) tanggal 22 Juni 2014 lalu memang bertepatan dengan hari lahirnya Jakarta. Beberapa hari sebelum kegiatan kita sudah mengumumkan jadwal “bersih-bersih Jakarta” di media sosial.

Seperti biasa kita akan berkumpul di depan pintu XII GBK pada pukul 08.00 WIB tepat dan langsung melakukan aksi bersih-bersih. Tetapi kita tidak tahu kalau pada hari itu berlangsung kampanye salah satu calon presiden. Tempat berkumpul kami yang biasanya sudah tertutup bus dan mobil kampanye serta orang-orang yang berjualan atribut kampanye. Kita tetap mengambil tempat berkumpul di daerah dekat pintu XII agar teman-teman yang baru bergabung tidak kebingungan mencari.

Kegiatan pun kami mulai dengan semangat! Sambil melihat lalu-lalangnya peserta kampanye, kami tidak lelah untuk terus memetik sampah-sampah yang berserakan. Selanjutnya biarlah foto yang berbicara ya… hehehe


Selebaran-selebaran yang berakhir sebagai sampah



Yang nyampah siapa, Yang bersihin siapa? Hayo...

Sayang sekali rasanya kalau semangat berdemokrasi harus tercoreng karena perilaku membuang sampah semabarangan seperti ini. Sangking banyak (sekali) nya sampah yang berserakan, teman2 JOC minimal membawa 2 kantung sampah yang besar. Dahsyat ya?! Hehe.

3 kantung sampah! 

Tidak usah berdebat mengenai sampah kampanye yang dihasilkan. Mau tidak mau pasti akan terjadi. Tapi saran kami setidaknya timses kampanye bisa menyediakan relawan sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kampanye. Kami pikir itu solusi sementara yang terbaik. Semoga bisa dipertimbangkan ya ^^



Beberapa fasilitas kebersihan di GBK pun tidak memadai seperti tong sampah yang hilang dan kerangka sampah yang tidak difungsikan. Sangat sayang sekali…

Sedih gak lihatnya?
Kalau tong sampah ga ada, nyampah menjadi pilihan
Tapi tidak hanya kabar buruk nih yang kami terima kemarin. Beberapa teman2 JOC menyampaikan bahwa beberapa selokan (walau tidak semua) sudah tidak banyak sekali sampahnya seperti dulu. Hal ini cukup menggembirakan terdengar karena kami merasakan bahwa hasil keringat JOC selama 2 tahun ini ada manfaatnya. Walau sedikit tetapi tetap ada. Dan kami tidak akan lelah untuk menyadarkan masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan. Terima kasih kepada teman-teman yang baru bergabung kemarin dan untuk yg baru mau bergabung kami tunggu selalu! 

MARI WUJUDKAN JAKARTA YANG BERSIH!

MALU BUANG SAMPAH SEMBARANGAN. Sampai jumpa di kegiatan JOC berikutnya.


Salam Hangat,
Jakarta Osoji Club


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar