Sabtu, 14 Juli 2012

Flame Tree


Berikut adalah artikel hasil tulisan Mr.Ashida yang dimuat di Jakarta Shinbun tanggal 7 April 2012
bertajuk Flame Tree
-------------


Jakarta Osoji Club 


“Flame Tree”


Kita tidak bisa memakai kata-kata “ Jakarta adalah kota yang bersih” dalam  pujian.  Karena pada kenyataannya ada banyak sampah di kota ini.  Dan banyak orang yang dengan santai membuang sampah sembarangan di pinggir jalan.  Kita juga kerap melihat orang yang melempar sampah ke jalan dari dalam mobilnya.

Ribuan orang berkumpul dalam sebuah acara kampanye calon presiden  di masa-masa pilpres beberapa tahun yang lalu.  Dan setelah acara itu berakhir, tempat acara tersebut menjelma menjadi gunungan sampah.  Seandainya saja, sang kandidat melakukan aksi seperti memungut sampah, dll, tentunya merupakan hal yang baik.  Namun sayangnya ia malah buru-buru naik ke mobil lalu pulang.  Saya bukannya ingin mempertanyakan “ kenapa mereka melakukan hal itu?”, atau “kok jadi begitu?”, tapi yang ingin saya sampaikan di kolom ini adalah apabila ada sekiranya para pembaca yang menginginkan Jakarta menjadi kota yang bersih dan indah, saya mengajak Anda semua untuk membuat suatu perkumpulan untuk membersihkan Jakarta bersama-sama.

Kalau ditanya “bagaimana caranya membersihkan dan menghilangan seluruh sampah di Jakarta yang seluas ini?”, jujur saya tidak tahu.  Akan tetapi, apabila para orang asing berkumpul, lalu menggaungkan slogan “Jakarta bersih!”, bersama-sama membersihkan jalan, berjalan kaki sambil memungut sampah, kemudian suatu saat mendapat liputan dari media masa Indonesia, dan terus menerus melakukan himbauan pada warga.  Mungkin mereka akan tergerak jika melihat orang asing yang bekerja keras ingin membuat Indonesia menjadi bersih.  Mungkin akan jadi hal konyol jika berandai-andai gerakan ini akan meresap ke hati masyarakat.  Bukan masalah siapa yang dibebani tanggung jawab, atau siapa yang mengambil inisiatif duluan. Tapi, di sini saya ingin menantang Anda sekalian, bahwa ada kemungkinan meskipun kecil bahwa hal ini akan menjadi besar. 

Maka dari itu, adakah orang yang ingin bersama-sama melakukan hal tersebut bersama saya? Jika ada yang berminat harap menghubungi saya.  Saya rasa kita akan mulai dengan mekakukan kegiatan bersih-bersih di pinggir jalan di suatu tempat tertentu selama satu jam.
Apabila ada pertanyaan, harap menghubungi no.hp saya di 0811-801-801 atau melalui email ts_ashida@yahoo.co.jp

(Tsuyoshi Ashida, Pekerja kantor)
Lihat artikel asli disini

2 komentar:

  1. arigato gozaimasu

    Ashida San terima kasih atas kepedulian anda pada Indonesia.

    I would like joint in this club as long as I can, because I am not permanently stay at Jakarta, but I shy when I see foreign people care to my country more than us.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih kembali Setiono san,,,

      kami akan senang sekali menerima bapak untuk bergabung bersama kami, meskipun itu hanya untuk sementara, untuk bisa bergabung bersama kami bapak cukup datang kelokasi kegiatan yang telah dishare dalam blog ini, dan cukup membawa sarung tangan dan karung bekas beras atau karung bekas tepung terigu (kalau tidak ada boleh pake plastic bag). untuk info lebih lanjut anda bisa menghubungi Mr.Ashida san atau Desi (081298258656 untuk orang Indo)

      Hapus