Sabtu, 30 Juli 2016

JOC goes to Japan 2 - Part 4: Kawasaki Eco Gurashi Mirai-kan


Selesai melakukan tur di kawasan industri, para delegasi JOC berkesempatan untuk berkunjung ke Kawasaki Eco Gurashi Mirai-kan. Karena keterbatasan waktu, para delegasi hanya sempat mengunjungi salah satu fasilitas di kawasan tersebut yaitu tempat pemilahan sampah plastik dan kertas untuk didaur ulang.


Salah satu staf museum menunjukan lokasi Kawasaki Eco Gurashi Mirai-kan

Sampah plastik dan kertas yang telah dikumpulkan dibawa ke tempat ini untuk dipilah kembali sebelum dipak dan dibawa ke tempat pendaurulangan. Sampah-sampah yang terkumpul dipilah secara manual oleh para petugas.

Para petugas secara manual memilah kembali sampah-sampah yang terkumpul

Sampah plastik dan kertas yang telah dipilah selanjutnya dilakukan proses pengepakan

Proses pengepakan sampah plastik dan kertas diawasi dan dikendalikan petugas di ruang kendali

Tidak semua sampah plastik dan kertas dapat didaur ulang. Plastik dan kertas yang bisa didaur ulang adalah plastik dan kertas pembungkus bertanda khusus dan sudah dibersihkan, sedangkan sampah-sampah yang tidak bisa didaur ulang di antaranya adalah sampah plastik atau kertas yang kotor atau berbau menyengat, majalah, mainan, dan peralatan plastik yang mengandung logam.

berbagai contoh sampah plastik yang tidak dapat didaur ulang

Berbagai peralatan dari plastik yang mengandung logam juga tidak dapat didaur ulang

Majalah dan koran bekas tidak dapat didaur ulang
 
Berbagai sampah yang tidak dapat didaur ulang yang ikut tercampur

Sampah dipilah dan dipadatkan menjadi ukuran 2 meter x 1 meter x 1 meter dan mempunyai berat 1 ton. Hasil pemilahan sampah ini akan dikirim dan diolah di tempat lain yang khusus mengolah barang-barang yang dapat didaur ulang.

Hasil daur ulang sampah plastik biasanya dibuat untuk bangku taman, pot, building block, bijih plastik, dan lain-lain, sedangkan hasil daur ulang sampah kertas biasanya dibuat kardus daur ulang, buku, dan kertas toilet. Untuk produk kertas toilet dibagikan ke sekolah dan fasilitas umum di kawasan Kawasaki secara gratis.

Plastik yang terkumpul dihancurkan dan didaur ulang menjadi bijih plastik yang kelak akan diolah menjadi berbagai macam benda

Kertas dan plastik yang telah didaur ulang menjadi kertas toilet, bijih plastik, dan barang lainnya

Di Jepang sampah-sampah yang bisa didaur ulang tidak dikategorikan sebagai sampah tetapi sebagai bahan baku yang dapat didaur ulang.

Diagram yang menunjukan alur proses daur ulang sampah plastik dan kertas

Jika sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga dipilah dengan baik dan benar maka akan memudahkan proses pengolahan sampah yang dapat dijadikan berbagai macam produk daur ulang yang bermanfaat. Oleh karena itu, kita harus lebih cermat lagi dalam memanfaatkan sesuatu yang dianggap sampah. Karena sejatinya segala sesuatu masih dapat dimanfaatkan. Barang yang sebelumnya dianggap sampah bisa diubah menjadi emas, begitulah ibaratnya. Sampah plastik dan kertas yang kemudian didaur ulang dapat kembali menjadi barang yang baru dan bernilai ekonomis.

1 komentar:

  1. Trash is my responsibility, COMMITTED AND MOVING TOGETHER LET'S BE PART OF THE SOLUTION TO SAVE THE FUTURE EARTH.
    togel online

    BalasHapus